Top Menu

Senin, 26 November 2012

SAATNYA INDONESIA MENANTANG DUNIA


Suka tidak suka, setuju tidak setuju pada era ini yang menguasai dunia adalah mereka yang menguasai teknologi informasi. Saat inilah era itu sedang berlangsung. Siapa yang tidak terlibat di dalamnya, secara perlahan ia akan terlindas zaman.

Masih ingat ketika Justin Bieber mengatakan bahwa Indonesia adalah "Random Country"?
Atau apa yang salah dengan Indonesia, sampai-sampai orang luar negeri lebih mengenal Bali daripada Indonesia ?
Terus, begitu banyaknya tujuan wisata di Indonesia mengapa tidak seluruhnya terungkap dan diungkap oleh agen travel seluruh dunia ?
Bagaimana juga dengan kekayaan alam masing-masing daerah di Indonesia, apakah sudah secara optimal terukur dalam data -data yang " dapat dijangkau " oleh siapapun yang berkepentingan ?

Era ini orang menyebut era “dua dunia,” dunia nyata dan dunia maya. Artinya kita harus eksis di kedua dunia itu. Orang yang eksis di dunia nyata tapi tidak terdeteksi namanya di google perlahan namanya akan tenggelam. Sulit orang percaya dengan reputasi kita, bila saat di cari di mesin pencari google nama kita tak ada.
Melalui internet kita dapat mendapatkan dan memberikan informasi tentang berbagai hal, bisa saling berbagi, saling bertukar ide. Apalagi saat ini internet sudah semakin mudah di dapat dan semakin murah.

Karenanya, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, ide saya adalah dengan membuat SITUS RESMI INDONESIA dimana :

1. Situs itu nantinya akan menyampaikan seluruh informasi tentang Indonesia secara LENGKAP dalam satu situs induk ( saat ini yang terjadi masing-masing bagian, kota dll punya situs sendiri dan bukan tautan dari Situs induknya)
2. Saya ingin www.indonesia.go.id juga mendisplay peta Indonesia dengan menampilkan titik-titik yang menunjukkan nama kota-kota dimana ketika titik itu di klik akan tertaut pada link SITUS RESMI KOTA yang di klik.
Tiap kota memiliki situs resmi yang memperlihatkan secara jelas dan lengkap mengenai potensi alam, kebudayaan yang meliputi segala yang khas dari kota itu, juga informasi bisnis, otomotif, olah raga, tujuan wisata, makanan, pertumbuhan pembangunan properti, pendidikan, kesehatan, serta kegiatan yang sedang dan akan berlangsung.
Keseluruhan informasi dilengkapi dengan gambar-gambar bergerak( slideshow ) dan tidak ketinggalan adalah FORUM yang memberikan ruang aktif berinteraksi kepada pembaca Situs kota-kota tersebut.
3. Pada halaman Utama situs, diberitakan semua yang terbaru, terpopuler dari tiap-tiap daerah, peluang kerjasama untuk investor serta layanan pendukung lainnya.

Kalau semua informasi sudah dapat dengan mudah di jangkau, akan memudahkan kita secara bersama-sama ikut mengawasi, memberi sumbang saran atau ide dan juga kritik yang membangun.

Masing - masing daerah atau kota akan termotivasi untuk membangun kotanya lebih baik lagi karena menyadari bahwa secara mudah semua orang dapat menilai perkembangan masing-masing daerah yang berarti meningkatkan kwalitas etos kerja yang lebih baik lagi.
Apalagi kalau ada petinggi satu daerah yang memperlihatkan langkah-langkah kerja dan mendapat simpati dari penduduknya seperti Jokowi-Ahok, jelas akan menularkan pengaruh positif pada petinggi daerah-daerah lainnya

Selain itu, pimpinan pusat pemerintahan juga dapat lebih fokus untuk mengawasi " denyut nadi "dari tiap-tiap daerah dari pantauan data-data perkembangan situs resmi masing-masing daerah.
Sehingga HARUSNYA TIDAK ADA LAGI istilah " Daerah Tertinggal "
TIDAK ADA LAGI wilayah Indonesia yang "Dicaplok "oleh negara lain, akibat " kelalaian "dari pemerintah yang belum melakukan pengawasan menyuluruh pada semua daerah kekuasaannya.
Pada potensi daerah yang meliputi kekayaan alam dan lainnya, pemerintah dapat mengemas menjadi peluang menguntungkan agar negara-negara luar menanamkan investasinya sehingga melancarkan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan tenaga kerja Indonesia. Dengan demikian, dengan sendirinya akan meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia. Sehingga tidak ada lagi rakyat Indonesia yang terlunta-lunta di negeri orang sebagai tenaga kerja "murahan"

Untuk kemakmuran dan meningkatkan harkat Bangsa Indonesia, kita harus sadar bahwa kita adalah negara kaya. Mari bersama-sama memaksimalkan potensi itu dan sama-sama mengawal dan mengawasi pemakaiannya.

Aku Cinta Indonesia.



Dewi Damayanti
Email : ddamayanti12@yahoo.co.id
www.indonesiaonthemove.com

0 komentar:

Posting Komentar